...

Instalasi Laravel di Windows

Sebelum instalasi Laravel pada komputer kita, maka kita akan harus menginstal bahan-bahan yang dibutuhkan untuk instalasi Laravel, disini akan dijelaskan cara untuk menginstal Laravel pada sistem operasi Windows. Adapun Bahkan-bahan yang dibutuhkan adalah :

A. XAMPP

Untuk keperluan webserver, php, dan database menggunakan XAMPP dari http://www.apachefriends.org/index.html. Kita tinggal memilih versi php yang akan kita gunakan untuk menginstal Laravel, sebelum kita menginstal XAMPP pada komputer kita, maka kita harus cek dulu dukungan PHP versi laravel saat ini di https://laravel.com


Gambar Requirement Penggunaan Framework Laravel

Ternyata Laravel 8 membutuhkan versi PHP lebih dari atau sama dengan 7.3, Artinya kita tinggal cari versi XAMPP yang menggunakan PHP versi 7.3. Silahkan kunjungi website berikut untuk download versi XAMPP sebelumnya.

Gambar Panel XAMPP

Saya menywarakan versi 7.3.x saja karena kita akan langsung direkomendasikan oleh Laravel untuk menginstal dengan versi 8.0. 

Untuk memulai proses instalasi, silahkan download XAMPP dari apachefriends.org. File yang saya dapatkan bernama xampp-windows-x64-7.3.7-1-VC15-installer.exe dengan ukuran sekitar 152 MB.

Download XAMPP 7.3.x

Setelah aplikasi installer XAMPP berhasil di unduh, langkah selanjutnya adalah menginstall XAMPP. Double klik file xampp-windows-x64-7.3.7-1-VC15-installer.exe (nama file XAMPP anda sangat mungkin sedikit berbeda).

Jika anda menggunakan Windows Vista ke atas (termasuk Windows 10), akan muncul jendela peringatan untuk tidak menginstall XAMPP pada folder C:\Program Files. Alasannya karena proteksi keamanan dari Windows akan menghalangi beberapa fitur XAMPP. Ini sebenarnya tidak masalah karena folder default XAMPP nanti ada di C:\xampp, bukan di C:\Program Files. Klik saja OK.

Jendela peringatan user account control XAMPP

Setelah jendela peringatan, jendela tampilan awal instalasi XAMPP akan muncul, klik Next untuk melanjutkan.

 

Jendela awal proses instalasi XAMPP

Tampilan berikutnya adalah “Select Component”, pada layar ini anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Disarankan untuk membiarkan pilihan default, dalam hal ini semua aplikasi akan diinstall. Namun jika anda memiliki kendala akan keterbatasan ruang harddisk, bisa memilih aplikasi penting saja, yakni: Apache, MySQL, PHP, dan phpmyadmin. Setelah itu, lanjutkan dengan klik tombol Next.

Jendela select components XAMPP

Pada tampilan berikutnya, “Installation Folder” anda dapat mengubah folder instalasi default XAMPP ke folder lain, dalam contoh ini saya akan membiarkan pilihan default, yakni di C:\xampp. Lalu klik Next untuk melanjutkan.

Jendela installation folder XAMPP

Tampilan layar “Bitnami for XAMPP” adalah iklan produk installer CMS dari Bintami (sponsor XAMPP). Karena kita tidak memerlukannya, hapus centang pilihan “Learn more about BitNami for XAMPP” dan klik tombol Next.