...

Mengapa Harus Belajar Pemrograman

Pemrograman adalah proses menulis, menguji, memperbaiki dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode-kode dalam program komputer tersebut ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman seperti C, PHP, Phyton dan masih banyak lagi. Tujuan dari pemrograman adalah membuat suatu program komputer yang dapat melakukan perhitungan atau ‘pekerjaan’ yang sesuai dengan keinginan programmer.

Saat ini, jenjang karir menjadi seorang programmer cukup menjanjikan. Jika Anda melihat daftar lowongan di situs lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, maka Anda akan menemukan banyak sekali lowongan pekerjaan untuk programmer. Penelusuran kami untuk lowongan programmer sudah lebih dari 200 lowongan. Mulai dari mobile application programmer, web programmer hingga full stack programmer.

Dengan banyaknya peluang karir yang masih terbuka lebar, maka Anda perlu memiliki skill pemrograman. Berikut ini alasan-alasan mengapa Anda perlu mempelajari pemorgraman lebih serius lagi.

Pemrograman mengajarkan Anda tentang kehidupan nyata  

Photo by Le Wagon on Unsplash

Mempelajari bahasa pemrograman bisa dikatakan gampang gampang susah. Dalam merancang program komputer, Anda akan lebih banyak menemukan kesalahan pada kode-kode pemrogaman. Hal yang harus Anda lakukan adalah menganalisa kesalahan tersebut dan mencari solusi terbaik. Dalam mempelajari bahasa pemrograman apapun, Anda harus sering melakukan testing. Trial and Error itu hal biasa dalam kehidupan programmer.  cape trial dan error sendiri? mau belajar berapa lama? anda butuh coach yang tepat.

Pemrograman membuat Anda kreatif  


Photo by Tim van der Kuip on Unsplash

Dunia programmer sangat erat hubungannya dengan dunia software. Seorang programmer dituntut untuk berpikir kreatif dan out of the box. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan industri software mencari orang-orang yang punya pola pikir yang berbeda pada umumnya. Kemampuan ini berfungsi untuk mengembangkan software yang sedang dirancang lebih kaya akan fitur-fitur yang berbeda dengan software sejenis.  

Pemrograman membuat segalanya menjadi lebih mudah  


Photo by Austin Distel on Unsplash

Bayangkan zaman tidak ada komputer, tidak ada gadget dan tidak ada teknologi apapun. Saat kita mengerjakan sesuatu pasti akan lambat, sebut saja perhitungan laba rugi perusahaan. Tanpa bantuan teknologi, menghitung keuntungan perusahaan akan membutuhkan waktu yang lama. Namun berbeda dengan zaman sekarang, Software dirancang untuk mempermudah perhitungan tersebut. Biasanya membutuhkan waktu 1 bulan, berkat adanya pemrograman hanya dalam hitungan menit laporan selesai.  mahir membuat apps android hanya dalam waktu singkat  

Peluang Kerja  


Photo by Austin Distel on Unsplash

Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan ini, peluang kerja bagi yang memiliki skill pemrograman masih terbuka lebar. Dan tahukah Anda, bahwa programmer termasuk pekerjaan dengan gaji yang tinggi di dunia kerja. Seorang web programmer dapat mengantongi puluhan juta perbulan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dua digit, Anda dapat mulai belajar bahasa pemrograman mulai dari sekarang.  

Coding mengajarkan Anda bagaimana menjadi gigih  


Photo by Lagos Techie on Unsplash

Untuk menjadi programmer profesional, Anda perlu melakukan siklus ‘percobaan, kesalahan, perbaiki dan ulangi’ secara terus menerus. Mereka dilatih untuk berpikir logis, tangkas dan cepat menemukan solusi terbaik. Maka tidak heran banyak junior programmer yang tidak terbiasa dengan siklus tersebut dan akhirnya berpindah profesi.  Itulah  alasan mengapa Anda harus mempelajari pemrograman.

Post Comments(0)

Leave a reply