...

Aplikaksi CRUD Laravel

Membuat aplikasi tanpa atau menggunakan database menunjukan tingkat kerumitan dari aplikasi yang dibuat. Dalam artikel ini, kami akan berikan cara dan contoh menggunakan database dalam pemrograman Laravel.

Database adalah kumpulan data yang terstruktur. Database digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi. Database berisi kumpulan tabel yang saling terhubung atau disebut juga dengan relasi, dimana relasi akan meaghubungkan kolom-kolom yang sama pada tabel-tabel dalam database.

Selain itu, setiap pengguna/user diberik hak akses untuk bisa menggunakan database untuk kegiatan, seperti proses edit, delete, update (mengubah, menghapus, dan memperbaharui) serta kegiatan lainnya pada tabel-tabel tersebut. Tiap tabel berisi baris-baris data atau disebut juga record. Tiap baris data terdiri dari kolom yang disebut field atau atribut. Jadi hierarki database adalah sebagai berikut:

Database -> Tabel -> Baris (Record) -> Kolom(Field)

Membuat Aplikasi CRUD

CRUD adalah akronikm untuk Create, Read, Update, dan Delete. Operasi CRUD adalah manipulasi data dasar untuk database. Dalam artikel ini kita akan membuat aplikasi PHP sederhana untuk melakukan semua operasi ini pada tabel database. 

Bagaimana konsep CRUD itu? Sebenarnya sangat mudah, singkatnya data itu dapat ditambahkan ke database, lalu dapat diedit dan dapat dihapus, intinya hanya seperti itu. Akan tetapi banyak yang belum mengetahui konsep CRUD ini di Laravel. Oleh karena itu, kita akan membuat CRUD ini dengan konsep yang sangat mudah sekali. Silahkan ikuti perintah berikut ini:

Pertama, install Laravel dengen perintah dibawah ini.

Install Laravel 

Tunggu hingga proses selesi.

Proses Instalasi Laravel

Setelah proses instalasi selesai, silahkan buka project Laravel tadi dengan text editor, disini saya menggunakan text editor Visual Studio Code. Selain text editor ini, Anda bisa menggunakan text editor lain seperti Sublime, Atom, Notepad++ atau yang lainnya yang Anda inginkan. Untuk yang ingin menggunakan text editor dari Visual Studio Code silahkan download di https://code.visualstudio.com/download. 


Visual Studio Code

Nah, untuk memulai membuat aplikasi CRUD ada yang perlu kita persiapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Model untuk menangani transaksi dengan database.
  2. View untuk menampilkan form input hasil CRUD.
  3. Controller untuk menangani CRUD.

Pertama yang akan kita lakukan adalah membuat model yang digunakan untuk menangani transaksi dengan database. Untuk membuat model dapat dilakukan dengan mengetikan perintah berikut di terminal text editor.

php artisan make:model mahasiswa -m

Ketika perintah diatas kita jalankan maka akan terlihat di direktori project kita akan menjadi seperti ini:

Model mahasiswa.php

Dan dibagian direktori Database/Migrations/ akan ada satu file tambahan yang merupakan file untuk membuat skema atau struktur tabel di database. Buatlah skema atau struktur tabel mahasiswa seperti gambar dibawah ini:

Struktur Tabel Mahasiswa

Setelah skema database berhasil dibuat, maka hal yang kita lakukan berikutnya adalah membuat nama database db_mahasiswa di phpmyadmin seperti berikut ini: